Tugu Khatulistiwa | Objek Wisata Kalimantan Barat

tugu khatulistiwa

Bukan menjadi rahasia lagi jika Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki destinasi wisata cukup unik di dunia. Persebaran mulai dari Sabang sampai Merauke Indonesia memiliki banyak daya tarik bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Kita mengetahui bahwa di Pulau Jawa sendiri ada banyak sekali obyek wisata yang bisa dikunjungi. Akan tetapi tidak kalah dengan pulau Jawa Kalimantan juga memiliki rahasia objek wisatanya sendiri yang sangat menarik untuk di ekspose.

Obyek Wisata Tugu Khatulistiwa

Nah salah satu objek wisata di Kalimantan yang banyak dikunjungi para wisatawan dan juga merupakan daerah bersejarah ialah ekuator monumen atau lebih sering disebut sebagai Tugu Khatulistiwa. Ekuator Monumen atau Tugu Khatulistiwa merupakan ikon wisata kota Pontianak yang sangat sering dikunjungi bagi para wisatawan yang singgah di kota ini.

Tugu Khatulistiwa sendiri berada di Jalan khatulistiwa Pontianak Utara di provinsi Kalimantan Barat. Berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Tugu ini juga mendapatkan perhatian khusus dari para pengunjung karena memang terdapat sejarah pembangunannya.

Di Tugu Khatulistiwa kita akan mendapati banyak sekali wisatawan yang hadir di komplek tersebut untuk merayakan event yang terjadi setahun dua kali. Event ini adalah menghilangnya semua bayangan benda-benda yang ada di permukaan bumi karena matahari pada saat itu berada di tengah-tengah. Kejadian langka ini baru akan terjadi pada saat bulan Maret yakni tanggal 21 sampai 23. Yang kedua kalinya terjadi pada bulan September yakni pada tanggal 21 sampai 23.

Keadaan panas di Tugu Khatulistiwa disebut-sebut juga karena keadaan geografis dari tempat tersebut berada tepat di garis khatulistiwa. Kota Pontianak sendiri menjadi kota yang terkenal berkat adanya garis khatulistiwa yang melintasi kota tersebut. Jika anda berkunjung ke Kalimantan maka setidaknya sempatkanlah diri untuk mengunjungi Kota Pontianak dan melihat sendiri Komplek bangunan Tugu Khatulistiwa yang bersejarah. Dan seperti apa yang saya sampaikan jangan lupa mengatur waktu sekitar tanggal 21 sampai 23 Maret atau 21 sampai 23 September agar bertepatan dengan kejadian langka yang setiap tahunnya terjadi di Tugu Khatulistiwa.