Tebing Keraton Bandung, Tempat Terbaik Untuk Mengabadikan Moment Anda

tebing keraton

Sebenarnya Tebing Karaton adalah sebuah tebing yang masih termasuk di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, taman kota yang nyaman berada di dekat Kota Bandung. Lebih tepatnya berlokasi di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Tempat yang dikenal dengan nama tebing tebing instagram di media sosial akan menyajikan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan hutan hijau dan segar akan membuat wisata anda semakin memuaskan. Tebing Keraton Bandung bisa memanjakan siapapun yang sudah penat dengan aktivitas pekerjaan dan rutinitas yang membuat jenuh.

Tebing Keraton Bandung ini menyajikan hamparan luas jalur patahan Lembang, hutan yang begitu lebat yang kadang diselimuti kabut tipis. Dari sejarahnya, yang terpampang di sebuah papan kecil di Tebing Keraton, tebing ini sebenarnya sudah ada sejak dari dulu.

Entah dari tahun berapa, yang jelas sejak keberadaan Bandung ya mungkin? Namun namanya belum setenar seperti sekarang dan belun dikenal sebagai Tebing Keraton. Dulu oleh warga sekitar dikenal dengan nama Karang Jontor. Karena tebing ini lebih mirip dengan bentuk sebuah karang yang menjorok ke depan.

Sebelum Tebing Keraton menjadi fenomenal dan terkenal, awalnya tebing ini mulai dikenal oleh para penggiat olahraga bersepeda. Mereka memang sering sepedahan dan gowes dari kota Bandung ke beberapa destinasi wisata di bandung. Salah satunya adalah Tebing Keraton ini.

Kira – kira mulai pertengahan tahun 2014 mulai ada pengunjung yang memposting foto – foto pemandangan Tebing Karaton. Nah disini beberapa akun sosial media populer di bandung mulai meng-RT dan mempublish Tebing Karaton atau Tebing Instagram ni berkali-kali.

Setelah itu Tebing Karaton perlahan mulai terkenal dan nge-hits sebagai destinasi wisata bandung yang anti-mainstream. Apalagi sejak foto – foto kecantikan Tebing Karaton masuk ke social media bernama Instagram. Iya, banyak orang yang melakukan selfie di tebing ini dan mengunggahnya ke Instagram. Karena itu juga lah Tebing Keraton juga dikenal sebagai Tebing Instagram, dan Tebing Selfie di Bandung.

Faktor yang membuat Tebing Keraton menjadi terkenal selain karena social media adalah karena cara menuju Tebing Keraton Bandung ini sebenarnya tidak sulit untuk dicapai. Kurang lebih menuju tebing paling ngehits se-Bandung ini bisa ditempuh dengan perjalanan singkat selama 15 menit saja dari pusat Kota Bandung dengan menggunakan sepeda motor. Petunjuknya paling gampang adalah, dari pusat Kota Bandung, berkendaralah ke arah utara menuju Terminal Dago lewat Jalan IR H Juanda.

Nah dari situ cari arah menuju Ciburial atau Dago Pakar. Cari jalan ke arah Taman Hutan Raya IR H Djuanda (Tahura). Taman ini adalah petunjuk utama selanjutnya. Beberapa saat setelah menemui pintu gerbang Taman Hutan Raya Djuanda, akan ada petunjuk menuju Tebing Karaton, berbeloklah ke kanan.

Melewati Jalan Bukit Pakar Utara ini teman – teman traveler akan melewati rumah-rumah besar yang berlanjut dengan perkampungan penduduk Desa Ciburial. Ketika teman – teman traveler sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan ‘Warung Bandrek’ berarti teman – teman traveler sudah berada di dekat Tebing Karaton.

Dari warung bandrek ini, Tebing Instagram di Bandung ini sudah tidak jauh lagi. Teman – teman tinggal melaju sedikit lagi melewati tanjakan dan jalan berbatu yang tidak rata ke arah Kampung Ciharegem Puncak. Di Kampung Ciharegem Puncak juga teman – teman traveler bisa parkir motor dan mobilnya. Semantara untuk mencapai, Tebing Keraton, teman hanya perlu berjalan kaki dengan waktu tempuh tidak sampai 5 menit.

Dulu, di awal sebelum mulai terkenal, untuk masuk ke Tebing Keraton Bandung ini tarifnya adalah seikhlasnya, namun sekarang tarif untuk masuk ke objek wisata Tebing Instagram Bandung ini adalah IDR 11.000,- untuk wisatawan domestik, sementara untuk wisatawan asing adalah IDR 76.000,-.

O iya, harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir sepeda motor sebesar IDR 5.000 atau untuk mobil IDR 10.000,- ya. Memang menjadi mahal sih, namun Tebing Instagram ini sekarang jadi jauh lebih terawat dengan jalan setapak yang nyaman dan pagar disekeliling tebing untuk keamanan.

Terakhir, jika kalian ingin berkunjung kesini, pastikan dalam kondisi waktu terbaiknya. Sekedar informasi, waktu terbaik untuk mengunjungi Tebing Keraton Bandung ini adalah adalah pada saat matahari terbenam atau ketika matahari terbit.

Ketika pagi hari menjelang sunrise kabut tipis akan menyelimuti area sekitar tebing. Sementara sore harinya teman – teman traveler akan bisa menikmati indahnya langit Kota Bandung dengan siluet jajaran perbukitan termasuk Gunung Tangkuban Perahu yang berlanjut dengan kegelapan malam.

Namun jangan lupa kalau mau pergi ke Tebing Keraton Bandung ini siapkan kamera, jaket yang hangat, minuman, makanan ringan dan bensin kendaraan yang sudah terisi BBM dengan penuh. Karena jarang ditemui penjual BBM selama perjalanan menuju ke Tebing Keraton.

Tips Liburan ke Tebing Keraton Bandung

Lebih Baik Open Trip Atau Sendiri?

Dengan semakin terkenalnya tebing Instagram di Bandung ini, memang mulai ada beberapa yang membuat Open Trip ke Tebing Keraton Bandung. Namun, sebenarnya sangat mudah sekali untuk pergi ke tempat wisata Bandung yang ngehits ini sendirian. Jadi, kecuali kalian pergi rame-rame bareng temen, lebih baik traveling ke Tebing Keraton Bandung ala backpacker saja lebih enak.

Kendaraan

Mungkin paling enak ya naik mobil untuk pergi kesini. Soalnya, Kota Bandung itu kan udaranya dingin banget. Nah, kalau naik sepeda motor pasti kedinginan, kecuali kalian memakai jaket tebal yang menahan dingin. Namun, mengingat jalanan menuju Tebing Keraton Bandung itu cukup rusak parah, naik sepeda motor akan lebih fleksibel.

Selain itu, mobil nggak bisa naik sampai ke atas dekat pintu masuk Tebing Keraton. Jadi, dari tempat parkir mobil hingga ke Tebing Keraton kalian masih harus naik ojek lagi. Yang berarti bakal nambah biaya. Belum lagi kalau kalian lagi sial dan dapet abang ojek yang nakal? Namun sekali lagi, lebih baik naik mobil atau sepeda motor ke Tebing Instagram ini adalah pilihan kalian.

Camping di Tebing Keraton

Jawabanya bisa iya, bisa enggak. Tergantung masyarakat setempat mengijinkan kalian untuk membuka tenda di dekat Tebing Keraton atau enggak. Kalau lahan camping sih ada, tapi nggak terlalu luas. Saran kami, lebih baik kalian menginap saja di hotel yang ada di Bandung. Banyak Hotel Murah kok di Bandung itu.

Memiliki Hotel yang Dekat Dengan Tebing Keraton

Itu berarti lokasi hotel yang paling dekat dengan Tebing Keraton ya yang ada di daerah Dago. Misalnya Wirton Dago Hotel, Accordia Dago Hotel atau The Silk at Dago Hotel. Hotel-hotel di area Dago tadi harganya dibawah 300 ribuan. Untuk kalian yang pengen menginap lebih nyaman, bisa memilih di hotel yang lebih mewah seperti di Sheraton Bandung Hotel and Towers, Holiday Inn Bandung, The Jayakarta Bandung.

Berkujung Ketika Musim Kemarau

Sebaiknya kalian berkunjung ke Tebing Keraton ketika musim kemarau jika kalian nggak ingin tiba-tiba kehujanan saat sedang menikmati pemandangan Tebing Karaton Bandung yang super kece itu. Pun, ketika musim hujan bisa jadi pemandangan tebing yang berbeda dan agak berkabut bisa kalian dapatkan.

Ekstra Hati-Hati Saat di Tebing Keraton

Pasalnya Jalanan yang curam dan menanjak ketika menuju kesini! Slain itu lokasi tebing keraton yang dari segi keamanan masih belum 100% aman untuk sebuah lokai wisata. Terdapat kemungkinan longsor di tebing ini ketika musim hujann tiba. Selain itu, selama kalian menikmati suasana dan keindahan tebing ini harap berhati-hati. Kegiatan foto selfie yang sering dilakukan di ujung atau bagian tebing bisa sangat berbahaya kalau tidak berhati-hati.

Bawa Kamera Terbaik Kamu

Nah,untuk aktifitas yang satu ini, kalian harus mempersiapkan diri dari awal. Seperti misalnya kamera yang tepat, juga lensa yang pas untuk fotografi lanscape. Perhatikan juga cuaca, karena ketika hujan tebing seperti ini biasanya berkabut. Perhatikan juga kapasitas cahaya yang ada di Tebing Keraton, karena untuk menghasilkan foto yang bagus, cahaya yang diperlukan harus pas. Lebih baik ke Tebing Karaton ini ketika pagi hari atau sore hari ketika cahaya matahari tidak terlalu kuat.

Nikmati Kegiatan Bersepeda di Tebing Keraton

Mungkin kalian adalah orang yang sangat cinta lingkungan, jadi memutuskan untuk gowes saja sampai Tebing Keraton! Beruntung kalau destinasi yang satu ini adalah, destinasi yang tepat sebagai tujuan gowes atau bersepeda di Bandung. Bahkan dulu tebing ini dipopulerkan karena para goweser Bandung.

Naik sepeda hingga tebing ini tentu akan menyenangkan karena udara sepanjang perjalanan menuju tebing masih segar, lengkap dengan lansekapnya yang ciamik. Selain itu, trek menuju tebing akan menjadi tantangan yang menarik untuk para pecinta gowes dan penghobi bersepeda.

Makanan Dapat Ditemukan Dengan Mudah

Karena di dekat pintu masuk ada banyak penjual makanan dan minuman. Kalau kalian tertarik, kalian bisa coba membeli makanan yang namanya Seblak.