Taman Wisata Alam Sorong | Destinasi Wisata Papua Barat

taman wisata alam sorong

Taman Wisata Alam Sorong merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Papua Barat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar negeri. Tempat wisata ini terletak di Jalan Sorong Klamono, Sorong, Irian Jaya Barat. Posisinya memang berada di pinggiran kota Sorong sehingga anda dapat menikmati ketenangan di taman wisata alam sorong ini.

Pemandangan alam yang disajikan tempat ini masih sangat alami dan belum banyak tersentuh tangan manusia. Bahkan sebagian besar dari kawasan wisata ini masih berbentuk hutan. Karena itu selain ketenangan, anda juga akan menemukan berbagai macam flora dan fauna khas Indonesia Timur.

Taman Wisata Alam juga memiliki objek wisata yang tidak kalah menariknya yaitu adanya air terjun dengan ketinggian sekitar lima meter. Memiliki debit air yang cukup besar dan jernih, di air terjun ini sahabat wismil dapat menikmati nuansa alam yang sejuk sehingga suasana hati dan pikiran menjadi segar, ringan, dan bersemangat.

Taman wisata alam sorong memang memiliki kemurnian alam yang masih terjaga asrinya, karna jauh dari pencemaran limbah dan suasana alam Papua yang masih cukup kental di tempat ini, karena belum terkontaminsi dengan polusi kendaraan. Untuk itu cocoklah bagi sahabat wismil yang ingin menikmati kesejukan dan keindahan taman wisata bersama keluarga tercinta. Selamat berwisata di Taman Wisata Alam Sorong, semoga bisa membuka hati untuk selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan kebesaranNya.

Akses Transport

Akses menuju ke Taman Wisata Alam Sorong dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan darat baik pribadi, sewa maupun kendaraan umum berupa angkot, bus kota maupun ojek. Waktu tempuhnya sekitar dua puluh menit. Jalanan menuju ke kawasan ini pun juga sudah beraspal bagus. Pesona wisata.

Jika menggunakan angkot atau bus kota tarifnya sekitar Rp 5.000 per orang untuk sekali jalan. Sedangkan tarif ojek sekitar Rp 20.000 sekali jalan atau sesuai kesepakatan dengan pemilik ojek. Jika ingin menyewa kendaraan sendiri bisa menyewa dari pusat kota Sorong dengan tarif sewa sekitar Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per hari dengan sopir.

Wisata Taman Nasional Sorong

Saat memasuki Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Km 14, udara sejuk langsung menerpa pori-pori kulit. Dengan dikelilingi pohon-pohon besar yang rimbun, lokasi itu sepintas tidak ubahnya kawasan hutan lain yang hijau. Sesekali suara burung pun terdengar sayup-sayup. Sebagai salah satu kawasan wisata, semuanya masih asli. Belum tampak tanda-tanda upaya menarik pengunjung seperti laiknya tempat wisata lain.

Padahal Pesona wisata, TWA di Kelurahan Klablim, Kota Sorong, yang seluas sekitar 945, 9 hektare tersebut memiliki sejuta potensi alam yang sangat menjanjikan. Berdasar data yang dihimpun koran ini dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Papua Barat, sejak 1981 menteri pertanian menunjuk kawasan hutan itu sebagai tempat wisata.

Selain keindahan alam, di TWA terdapat lokasi camping ground. Pengunjung dapat berkemah, menikmati suasana alam, alunan desir angin yang sejuk, kicauan burung, dan udara segar.

TWA juga dapat dijadikan tempat bird watching karena terdapat spot-spot pengamatan burung. Puluhan jenis burung dapat dijumpai di sana. Antara lain, cacatua galerita triton (kakaktua putih), lorius llory (nuri merah kepala hitam), rhyticeros plicatus (julang papua), ducuta pinon (kumkum), dan probosciger atterimus (kakatua raja). Pengamatan sangat baik sebaiknya dilakukan pada pukul 06.00–09.00 WIT atau pukul 15.00–18.00 WIT.

Ada pula objek wisata di sana yang tidak kalah menariknya. Di TWA terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar lima meter. Dengan debit air yang cukup besar dan jernih, pengunjung dapat menikmati nuansa alam yang nyaman sehingga suasana hati dan pikiran menjadi segar, ringan, dan bersemangat. Pesona wisata.

Kekayaan Flora di Taman Wisata Alam Sorong

Sementara untuk kekayaan flora di TWA cukuplah banyak dimana terdapat dua struktur vegetasi yaitu struktur vegetasi hutan tanaman dan hutan alam. Pada hutan tanaman terdapat pada blok pemanfaatan didominasi oleh tanaman Aghatis sp., sedangkan pada hutan alam komponen penyusun struktur vegetasi cukup beragam diantaranya Intsia sp (merbau), Pometia Pimata (Matoa), Canarium Spp (Kenari), Melaluca leucadendron (Kayu putih), Artocrapus Integer Merr (cempedak) dan sejumlah flora lainnya.

Selain menikmati keindahan alam, di TWA ada lokasi lokasi yang dapat digunakan sebagai camping ground yang mana pengunjung dapat mendirikan kemah, menikmati suasana alam, alunan desir angin yang sejuk, kicauan burung dan udara segar, beberapa failitas yang sudah ada di area camping ground adalah shelter, jalan setapak dan gazebo. Pesona wisata.

Tips Untuk berlibur di Taman Wisata Alam Sorong

  • Jika anda ingin berkemah sebaiknya datang ke kawasan Taman Wisata Alam kota Sorong ini menggunakan kendaraan umum saja, karena kalau anda membawa kendaraan pribadi maka anda terpaksa harus meninggalkan kendaraan anda di dekat gerbang masuknya saja, dan tentunya tidak ada yang bisa menjamin keamanan kendaraan anda.
  • Kalaupun anda ikut dalam kegiatan perkemahan, sebaiknya dalam satu rombongan ada yang sudah paham betul kawasan Taman Wisata Alam kota Sorong yang masih termasuk ke dalam kawasan hutan lindung, karena ada kemungkinan anda bisa tersesat jadi setidaknya ada yang bertanggung jawab, apalagi jika anda adalah perempuan.
  • Sebaiknya anda membawa barang-barang yang benar-benar anda perlukan saja agar tidak memberatkan barang bawaan anda, anda juga tidak perlu membawa barang berharga, karena bisa saja hilang saat anda sedang melakukan kegiatan alam di Taman Wisata Alam kota Sorong ini.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera, karena disini ada banyak sekali tanaman dan satwa yang mungkin jarang anda lihat, jadi sayang sekali bukan jika anda melewatkannya begitu saja. Pesona wisata.