Permandian Air Panas Ciater | Destinasi Wisata di Bandung Jawa Barat

permandian air panas ciater

Permandian air panas Ciater adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang dapat anda jadikan sebagai tempat berendam air panas yang menyenangkan. Alamat tempat wisata ini adalah Jalan Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat dengan luas lahan mencapai 30 hektar. Letaknya tepat berada dibawah gunung berapi tangkuban perahu. Sehingga anda akan menikmati sejuknya cuaca sekaligus hangatnya tubuh saat berendam.

Air panas yang dimiliki oleh tempat wisata Ciater dihasilkan dari gas belerang yang berasal dari gunung tangkuban perahu. Zat belerang tersebut sangatlah bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, rematik, gangguan saraf, dan sebagainya. Tempat ini memang sudah sangat dikenal oleh para wisatawan baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri. Selain karena harga tiket yang tergolong murah, setiap wisatawan juga dapat menyewa penginapan jika memutuskan untuk menginap disekitar Ciater.

Rute Menuju Pemandian Air Panas Ciater

Untuk mencapai Pemandian Air Panas Ciater, Anda bisa naik kendaraan pribadi atau kendaraan umum, sebab lokasinya cukup mudah untuk dijangkau. Walaupun Pemandian Air Panas Ciater berada di Kabupaten Subang, jarak kolam pemandian dari Kota Bandung terbilang cukup dekat yaitu sekitar 32 km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan apabila tidak terkena macet. Sedangkan jika Anda mengawali perjalanan dari Lembang, maka membutuhkan waktu hanya sekitar 15 menit untuk sampai di Pemandian Air Panas Ciater. Sementara, jika dari kawah Gunung Tangkuban Perahu hanya berjarak 7 km.

Jika digambarkan, rute ke Pemandian Air Panas Ciater dari Bandung adalah melalui Jalan Setiabudi-Ledeng-Lembang-Cikole-Ciater. Kalau Anda berangkat dari Jakarta, rute perjalanan untuk mencapai Pemandian Air Panas Ciater dapat ditempuh melalui 2 alternatif yaitu Jalur Puncak sejauh 212 km atau melalui jalur Tol Cikampek-Bekasi sejauh 185 km.

Namun, bagi Anda yang berencana bepergian ke Pemandian Air Panas Ciater dengan naik kendaraan umum, bisa naik angkutan kota (angkot) dari Kota Bandung dengan menumpang angkot yang menuju arah Terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Ledeng, Anda bisa naik angkot lagi jurusan Ledeng-Lembang. Setibanya di Terminal Lembang, Anda bisa oper angkot jurusan Lembang-Subang. Dari sana, perjalanan menuju Pemandian Air Panas Ciater hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Nantinya, Anda bisa turun di Jalan Cagak, Kecamatan Ciater. Berikut ini informasi mengenai harga tiket masuk Pemandian Air Panas Ciater.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Ciater

Kategori Harga Tiket
Tiket masuk area pemandian Rp 35.000 per orang
Tiket masuk kolam air panas utama Rp 80.000 per orang (weekend & weekday)
Tiket masuk kolam pemandian reguler Rp 20.000-50.000 per orang

Bagaimana? Harga tiketnya cukup terjangkau bukan? Untuk urusan fasilitas, Anda juga tidak perlu khawatir. Pasalnya seperti tempat wisata pada umumnya, Pemandian Air Panas Ciater alias Ciater Hot Spring juga menyediakan fasilitas pendukung yang cukup lengkap untuk hiburan Anda bersama rombongan teman atau keluarga. Di Pemandian Air Panas Ciater, sudah tersedia fasilitas restoran untuk mengisi perut Anda ketika lapar. Selain itu juga tersedia penginapan seperti bungalow, camping ground bagi Anda yang ingin mendirikan tenda sendiri, kemudian juga ada playground untuk tempat bermain anak-anak, dan musala.

Selain dapat merasakan segarnya berendam di kolam air panas, Pemandian Air Panas Ciater juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lain seperti area untuk bersepeda, toilet, area pemancingan, arung jeram, fasilitas perahu, berkuda, tenis, lapangan bola voli, lapangan basket, tempat outbond, hingga toko-toko yang menjual kerajinan untuk dijadikan oleh-oleh.

Sedangkan untuk kuliner, makanan khas dari kawasan Wisata Ciater biasanya berupa daging olahan kelinci seperti sate dan sop kelinci. Jika Anda tertarik untuk mencicipi kelezatan dan kegurihan rasanya, jangan lupa untuk memesan makanan tersebut ketika berada di Ciater. Tenang saja, Pemandian Air Panas Ciater buka 24 jam setiap harinya. Anda bisa berkunjung ke sana pada pagi, siang, sore, maupun malam hari.

Sebelum memutuskan untuk pelesir ke Pemandian Air Panas Ciater, ada baiknya Anda melakukan sejumlah persiapan terlebih dahulu seperti mempersiapkan baju renang dan baju ganti, peralatan mandi, dan jangan lupa membawa perbekalan sederhana seperti camilan atau minuman. Perlu diketahui bahwa harga tiket masuk Ciater bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih detail seputar fasilitas dan tarif berendam di sana, Anda dapat langsung menghubungi: