Pecenongan – Daerah Kuliner Sejak Tahun 1970-An

pecenongan

Pecenongan adalah sebuah tempat wisata kuliner yang sangat cocok untuk kalian yang sedang bepergian pada malam hari. Pecenongan memang sudah sangat dikenal sejak tahun 1970-an sebagai tempat makan di daerah Jakarta Pusat. Memang disini hanya sebuah jalan lurus, namun di sebelah kiri kanan, kalian akan menemukan berbagai pilihan jenis makanan.

Sepanjang kawasan destinasi wisata kuliner malam yang terdapat di daerah Peconangan ini kita dapat menemukan beragam varian kuliner masakan seperti aneka bubur, martabak yang harum dan dikenal gurih, sea food, nasi uduk, sop dan soto berkuah santan dan bening yang dapat menghangatkan tubuh di malam hari dan masih banyak lagi menu makan malam yang tersedia di tempat wisata kuliner ini.

Namun, hal yang pastinya di kawasan wisata kuliner Pecenongan ini menu masakan China mendominasi. hal ini dikarenakan mayoritas yang berada di kawasan ini merupakan warga keturunan Tionghoa dulunya. Dan berikut menu kuliner Pecongan Jakarta yang banyak diminati oleh paa pemburu kuliner di tempat wisata malam Jakarta.

Salah satu tempat wisata kuliner yang ramai dikunjungi di Pecenongan adalah Rumah makan Kwang Tung yang buka 24 jam non stop, dan mulai berjualan sejak tahun 2003. Kita bisa menikmati sarapan pagi, makan siang dan malam. Suasananya tidak pernah sepi oleh pengunjung. Konon nama Kwang Tung berasal dari sebuah nama di Kota Hongkong.yaitu Guangdong, dan nama ini sengaja dipakai untuk menarik pengunjung yang di awal tahun 200-an lebih banyak warga keturunan China yang berlalu lalang di kawasan Pecenongan.

Menu andalan rumah makan Kwang Tung adalah bubur, dimana ada 20 menu bubur yang di sajikan di rumah makan ini, dianataranya bubur sapi, bubur ayam, bubur udang, bubur ska lop dan bubur ikan kerapu. Dari semua menu kuliner bubur yang ada, bubur kepitinglah yang paling istimewah dan banyak di pesan oleh pengunjung.

Menurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, untuk bubur kepiting, jenis kepiting betina yang sedang bertelurlah yang digunakan, hal ini sengaja dipilih agar bubur terasa gurih dan manis. Sebagai pelengkap sajian menu bubur kepitingnya di sediakan pula kacang goreng dan kecap asin yang dicampur irisan jahe dan cabai.

Tekstur bubur yang lembut dengan rasa gurih dimulut yang membuat kuliner kepiting ini sangat khas dan diminati. seporsinya pun cukup besr, dan bisa di santap untuk beberapa orang.Untuk harga bubur kepiting ini harganya Rp. 55.000,- / porsi.

Harga bubur di rumah makan Kwang Tung dari Rp. 25.000,- /porsi hingga Rp. 190.000,-/porsi. Harga yang cukup mahal untuk seporsi bubur tidak membuat para pengunjung kapok untuk singgah di rumah makan ini.

Selian bubur yang juga menjadi ikon kuliner Pecenongan adalah martabak Bandung Asli Pecenongan 65A, kedai martabak ini sudah buka sejak tahun 1970-an. Beberapa bulan terakhir kedai martabak ini membuat inovasi pengembangan martabak dengan toping coklat toblerone dan olehsan selai nutela. Kedai ini buka pada pukul 18.00 namun pembeli martabak sudah mulai berdatangan sejak pukul 16.00 sudah mengambil nomor antrian.

Martabak coklat toblerone dan maratabak selai nutela inilah yang menjadi primadona yang banyak dipesan di toko ini yang buka dari jam 18.00 hingga 24.00. Harag maratabak di sini rata-rata Rp. 100.000,- / loyang.

Selanjutnya, kita bisa menemukan salah satu warung nasi uduk yang telah lama berdiri di tempat wisata kuliner Peconongan yaitu warung nasi uduk Sri Rostika yang memulai usahanya sejak tahun 1978. Warung ini buka dari jam 18.00 hingga 01.00 dini hari, dan ramai dikunjungi oleh para pemburu kuliner yang telah menjadi langganannya. Harga makanannya mulai Rp. 5.000,- hingga Rp. 50.000,- .

Semakin malam tempat wisata kuliner Pecenongan Jakarta semakin hidup. Kawasan ini memang dikenal dengan tempat kuliner malam Jakarta. Dan salah stau tempat kuliner yang ramai dikunjungi di malam hri berikutnya adalah sea food Chinese 99. Tempat ini merupakan rumah makan terlama di Pecenongan dan mulai berjualan sejak tahun 1972.

Menu yang ditawarkan cukup beragam seperti kakap tim, kepiting saos padang, gurame goreng dan cumi saos Singapure. Restoran ini buka dari pukul 18.00 hingga 03.00 pagi. Harga makanan yang ditawarkan dari Rp. 12.000, – hingga Rp. 80.000,-.

Setalah puluhan tahun tempat wisata kuliner Pecenongan Jakarta tetap menjadi daya tarik pengunjung, dan setiap malamnya banyak orang mampir dengan sengaja di kawasan ini untuk menikmati kelezatan kuliner dengan cita rasa yang ditawarkannya. Bila berlibur atau bertandang di kawasan Jakarta dan akan mencari tempat wisata kuliner maam Jakarta tidak ada salahnya untuk mencoba berburu kulier di kawasan Pecenongan Jakarta ini.