Monumen Pattimura Di Tengah Taman Pattimura

monumen pattimura

Monumen Pattimura merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak Uritetu, Sirimau, Kota Ambon. Monumen ini dijadikan lambang kegigihan penduduk Ambon yang saat itu harus menghadapi penjajah di medan perang. Pattimura sendiri adalah nama lain dari Thomas Matulessy, seorang pahlawan yang lahir pada tanggal 8 Juni 1783 di Harla, pulau Saparua, Maluku.

Tanpa rasa takut sedikit pun dia memimpin masyarakat Ambon untuk menentang penjajah yang ingin menguasai perdagangan rempah. Bahkan para pemimpin VOC dibuat gentar oleh keberanian dan kecerdikan Pattimura.

Sebagai bentuk rasa hormat dan mengenang jasa dan kegigihan Pattimura, maka dibangunlah sebuah monumen untuk mengenang keberaniannya. Monumen ini menjadi salah satu lokasii favorit masyarakat Ambon untuk menghabiskan waktu.

Beberapa waktu lalu indotraveler berkunjung ke Kota Ambon dan singgah ke patung pahlawan ini. Patung Pattimura dibangun di Taman Pattimura, tepat di depan Balai Kota Ambon. Patung Pattimura ini juga dekat dengan Lapangan Merdeka, salah satu pusat keramaian di Ambon. Biasanya saat sore hari masyarakat Ambon ramai berkumpul dan berolahraga. Ada yang jogging, bermain voli, basket, sepakbola, ataupun sekedar jalan-jalan santai.

Dari Taman Pattimura, traveler dapat melihat dengan jelas gedung Balai Kota yang berhadapan langsung dengan taman. Juga traverel bisa melihat dengan leluasa bagaimana masyarakat Ambon menghabiskan waktu sorenya di sini.

Tidak jauh dari Taman Pattimura, traveler juga bisa mampir ke Gong Perdamaian. Letaknya hanya di seberang taman. Traveler hanya perlu berjalan kaki dan menyeberang jalan saja. Untuk bisa masuk ke taman Gong Perdamaian, traveler hanya perlu membayar Rp 5.000 saja.