Makanan Kuliner Daerah Tarakan yang Sangat Dikenal

7 kuliner tarakan

Tarakan adalah salah satu kota di provinsi Kalimantan Utara. Nama Tarakan berasal dari bahasa daerah Tidung, yang merupakan “tarak”, yang berarti tempat pertemuan dan “keramahtamahan”. Memang, kota itu adalah tempat pertemuan bagi para pelaut dan pedagang dari daerah Tidung untuk beristirahat, makan, dan tentu saja bertukar barang atau hasil tangkapan mereka.

Jadi bagaimana dengan sekarang? Saat ini, Tarakan masih memiliki beragam varian kuliner unik yang menarik banyak wisatawan ke wisata kuliner di Tarakan.

Kuliner Tradisional Khas Tarakan

Sate Temburungun

sate temburungun

Nama makanan khas Tarakan ini mungkin masih terasa asing di telinga. Namun, jika Toppers adalah pecinta masakan seafood tradisional Tarakan, Anda harus mencicipinya.

Temburungun adalah biota laut yang terkait dengan kerang. Diformulasikan dengan rempah-rempah lokal, Temburungun lebih baik diubah menjadi sate. Makanan paling populer dari Tarakan unik ini dimakan pada malam sebelum awal tahun.

Olahan Kepiting Soka

kepiting soka

Masakan Tarakan memang kaya akan rasa makanan laut, makanan laut khas Tarakan lain yang bisa dicoba beragam, terbuat dari kepiting Soka. Tidak seperti kepiting pada umumnya, kepiting jenis ini memiliki cangkang yang lebih lembut.

Pada liburan di Tarakan, Toppers dapat menemukan banyak produk olahan kepiting Soka, dari Kepiting Soka Asam Manis hingga Saus Padang, serta kentang goreng renyah sebagai camilan.

Sambal Goreng Tuday

sambal goreng tudai

Hampir setiap daerah di nusantara memiliki saus sambal sendiri. Seperti saus ikan Roa de Manado, saus bajak dari Jawa Tengah, sambal Bali sejak saat itu sedang populer.

Di Tarakan sendiri, Toppers dapat menemukan sambal goreng tuday yang terbuat dari berbagai macam rempah, cabai dan daging kerang. Hidangan khas pernikahan, makanan khas Tarakan juga disajikan dengan tempe dan tahu, lebih membangkitkan selera.

Kapah

kapah

Kapa atau Kapah adalah jenis kerang lain yang dapat ditemukan dengan mudah di pantai kota Tarakan. Tak heran jika Anda mengunjungi pantai-pantai Tarakan, Toppers dapat menemukan berbagai warung makan yang menjadikan Kapa menu utama.

Makanan tradisional Tarakan tradisional ini disiapkan dengan cara direbus dan disajikan dengan saus cabai spesial yang memberikan rasa yang sangat lezat.

Ditemani oleh pemandangan pantai yang santai, selera kuliner Tarakan sulit dilupakan ketika meninggalkan kota Tarakan.

Ikan Asin Richa atau Gami

ikan asin richa

Kota Tarakan memang kaya akan hasil laut. Tidak heran produksi ikan asin Tarakan cukup maju dan berkembang. Ikan asin Tarakan adalah salah satu makanan ringan paling populer: ikan asin Richa atau Gami.

Memiliki rasa pedas yang dicampur dengan daging ikan asin dan asin, makanan Tarakan tradisional ini sangat cocok untuk makan dengan sepiring nasi panas.

Ikan asin Pepija

Ikan asin Pepija

Ikan asin lainnya yang diolah dari Tarakan yang sangat populer adalah ikan asin Pepija. Terbuat dari ikan Pepija, hidangan khas Tarakan ini juga dikenal sebagai ikan asin karena bentuknya yang halus.

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat makanan lezat Tarakan ini menjadi saus sambal favorit Anda.

Kue ciput

kue ciput

Bagi yang suka makanan manis, yang ini bisa dicoba. Terbuat dari kue renyah dengan rasa gurih dan rasa manis, kue Tarakan yang khas ini memiliki bentuk siput yang membuatnya menarik dan menggoda.