Kepulauan Banda – Surga Bawah Air yang Terdapat di Indonesia

kepulauan banda

Kepulauan Banda adalah objek wisata kepulauan di provinsi Maluku yang terdiri dari 10 pulau vulkanis yang tersebar di laut banda. Objek wisata ini terletak di 140 kilometer sebelah Selatan pulau Seram. Didalam luas kepulauan yang mencapai 180 kilometer persegi ini tersimpan berbagai keindahan laut dan sangat menarik pencinta kegiatan snorkeling dan diving.

Dengan puluhan pulau vulkanik yang membuat surga ini muncul ke permukaan, Meskipun kecil, namun kepulauan ini akan memberikan Anda kenangan dengan pemandangan alam yang besar. Di perairan pulau-pulau vulkanis ini Anda akan menemukan beberapa taman laut paling spektakuler di dunia. Dengan karang dan terumbu karang yang masih sangat alami berwarna merah cerah dan ikan-ikan warni warni penghias terumbu karang akan menyambut kedatangan Anda dengan ramah di dalam rumahnya di dalam air sebening kristal. Sehingga Anda akan dapat melihat dengan jelas apa yang disembunyikan di dalam perairan Kepulauan Banda.

Snokeling Pulau Banda

Tempat ini sangat sempurna bagi Anda penggemar snorkeling dan scuba diving. Kepulauan yang terletak 132 kilometer tenggara Ambon ini adalah gugusan pulau kecil yang sangat indah di ujung timur Indonesia dengan karang warna warni yang akan menghipnotis Anda untuk tetap Menikmati Surga Tersembunyi Di Kepulauan Banda ini.

Hampir seluruh area penyelaman di Pulau Banda, Pulau Ai, Pulau Run, Pulau Hatta dan Pulau Sjahril sampai di Dermaga Banda Neira memiliki pesona dan keanekaragaman alam bawah laut yang tak mungkin Anda temukan di tempat lain di dunia. Di Kepuklauan Banda mata Anda akan benar-benar dimanjakan dengan keindahan terumbu karang warna warni dan soft coral yang sehat. Belum lagi dengan keindahan ikan-ikan hias warna warni yang berkelak kelok di sekitar terumbu karang serta sesekali ikan lumba-lumba menemani Anda sambil meloncat-loncat di atas permukaan. sungguh pemandangan yang sangat menakjubkan yang takkan terlupakan selama hidup Anda.

Hutan Sea Fans Pulau Banda

Seperti halnya pada salah satu titik penyelamam di Pulau Hatta, Di tempat ini Anda akan menemukan Hutan Sea Fans (seperti kipas cemara) raksasa yang terhampar di kedalaman 20 meter dibawah permukaan laut, Jelly Fish atau ubur-ubur raksasa atau iring-iringan ratusan school of jack fish yang biasa di sebut Ikan Kuwe yang bergerak elok dalam satu rombongan menuju kedalaman serta jika Anda beruntung dapat menemukan beberapa Ikan Pari, Orca, paus pilot, paus biru atau paus bongkok.

Penyelaman Pulau Banda

Pulau Banda adalah pulau yang sempurna untuk kegiatan menyelam, scuba diving, berenang baik sebagai pemula maupun bagi yang profesional sekalipun. Di pulau ini Anda juga akan menemukan keindahan, sejarah yang luar biasa, penduduk yang ramah dan beberapa terumbu karang kelas dunia yang sangat menakjubkan.

Kepulauan Banda adalah surga tersebunyi bagi para penyelam yang datang dari seluruh dunia untuk mencari tempat penyelaman paling terpencil dan belum terjamah di dunia. Nah bagi Anda pecinta keindahan laut, Tunggu apa lagi bergegaslah untuk segera menuju Kepulauan Banda di Maluku yang eksotis ini.

Pantai Pulau Nailaka

Selain sebagai tempat tujuan penyelaman kelas dunia, Pulau-pulau di sekitar Kepulauan Banda juga memiliki pantai-pantai nan indah dengan hamparan pasir putih yang sangat bersih dan lembut seperti yang terdapat di Pulau Nailaka atau Pulau Banda Besar. Sementara di Pulau Gunung Api Anda dapat mendaki gunungnya sebagai kegiatan alternatif di Kepulauan Banda atau berlayar dengan perahu untuk dapat melihat-lihat pemandangan lautan sambil menikmati pemandangan bawah laut Kepulauan Banda dari atas perahu,

Sementara Anda yang ingin sekedar berjalan-jalan dapat Anda lakukan di kota kecil Bandaneira yang banyak terdapat bangunan-bangunan atau benteng-benteng kuno bekas peninggalan bangsa Portugis.

Pantai Pulau Banda

Cara terbaik untuk dapat menikmati perjalanan Anda di Kepulauan Banda adalah dengan menginap di atas kapal selama tujuh hingga 14 hari penuh. Dengan menginap di atas kapal Anda akan lebih fleksible berpergian dari satu lokasi ke lokasi lainnya yang jaraknya saling berdekatan walaupun di Kepulauan Banda juga banyak tersedia penginapan, hotel atau resort di pulau-pulau besar.

Akses Menuju Kepulauan Banda

Cara terbaik Menikmati Surga Tersembunyi Di Kepulauan Banda adalah dengan menuju kota Ambon terlebih dahulu. Dari Ambon, Anda bisa mengambil pesawat carter menuju Bandaneira atau Anda juga bisa menggunakan jalur laut dari Ambon menuju Bandaneira dengan menaiki kapal feri.