Kebun Raya Wamena | Objek Wisata Alam Pulau Papua

kebun raya wamena

Papua memiliki keindahan alam yang seolah tak ada habisnya. Terkenal dengan objek wisata pantainya yang indah, pemandangan gunungnya yang luar biasa mempesona, kini Papua juga memiliki tempat wisata baru dan cenderung belum terlalu banyak diketahui oleh orang-orang. Tempat wisata itu bernama Kebun Raya Wamena. Beralamat di Unnamed Road, Holima, Wamena, Jayawijaya, Papua, Kebun Raya Wamena bisa menjadi alternatif wisata Anda jika sedang berada di tanah Papua.

Ya, sudah bukan rahasia umum jika Papua merupakan daerah yang sangat kaya dengan tanaman dan juga sumber alam hayati. Di Kebun Raya Wamena ini Anda bisa melihat tumbuhan pegunungan tengah Papua. Selain itu juga ada beberapa taman tematik, di antaranya: Taman Tumbuhan Kehormatan atau Taman Baliem, Taman Rhododendron, Taman Mawar, Taman Konifer, Taman Paku-pakuan, Taman Tumbuhan Pakan Lebah, Taman Rempah Obat dan Racun (POR).

Papua pun memiliki tempat konservasi alam yang melestarikan berbagai jenis flora dan fauna yang ada di pulau tersebut, salah satunya adalah Kebun Raya Wamena ini. Sayangnya pengunjung masih kurang mengetahui adanya tempat wisata alam sekaligus wisata edukasi ini karena lebih memilih menikmati keindahan pantai dan wisata bahari Papua.

Kebun Raya Wamena memiliki setidaknya 800 koleksi tanaman dan pohon yan terbagi dalam taman-taman tematik. Saat ini sedang ada penambahan 480 koleksi tanaman baru dimana 55 diantaranya adalah koleksi tanaman dari luar negeri yang cukup langka.

Keberadaan Kebun Raya Wamena tak hanya menjadikan tempat wisata baru yang hanya dapat dinikmati wisatawan luar saja, namun masyarakat Wamena juga dapat mengetahui lebih jauh tentang kekayaan alam dari sisi yang lain dan tak hanya mengenal pantainya saja. Dalam hal ini tumbuh-tumbuhan dan keberagaman tanaman lainnya. Jadi, selain sebagai wahana rekreasi tapi masyarakat juga dapat belajar tentang ilmu pengetahuan.

Hal Yang Dapat DIlakukan Di Kebun Raya Wamena

Saat pertama kali Anda sampai di lokasi Kebun Raya Wamena seluas 160 hektar, Anda akan disuguhi keindahan Taman Baliem. Seperti namanya, taman yang satu ini berisi tumbuh-tumbuhan khas pegunungan Papua. Koleksi pinus Araucaria Cunninghamii yang telah hidup sejak zaman pra sejarah Mesozoikum dapat Anda temui di taman ini. Selain itu, Anda juga dapat melihat pohon kayu putih yang daunnya dapat dimanfaatkan untuk menjadi bahan pembuat minyak gosok tradisional kayu putih. Kontur tanah pada taman tersebut yang berbukit membuat pengunjung bisa dengan mudah melihat dan memandang seluruh areal taman.

Setelah mengunjungi Taman Beliem, Anda bisa mendatangi Taman Rhododendron. Nah, di sini Anda dapat menikmati bagaimana indahnya bunga Rhododendron yang tumbuh baik di daerah dataran tinggi. Warna bunga ini juga terlihat cantik. Pohonnya relatif kecil dan tak berduri. Bunga dari keluarga Ericaceae ini memang terkenal tahan rontok, di samping adaptasinya yang bagus bunga ini juga memiliki struktur yang bagus dan cantik.

Selain dapat mengunjungi taman-taman tematik, Anda juga dapat melihat jajaran pegunungan dan dan Kota Wamen dari jauh. Tak hanya itu, Anda juga dapat menyaksikan perkampungan suku-suku, seperti suku Dani.

Akses Menuju Kebun Raya Wamena

Kebun Raya Wamena yang memiliki luas sekitar 150 hektar yang berlokasi di Gunung Susu, distrik Hubikusi, Kabupaten Jayawijaya, Papua ini bisa diakses dari Kabupaten Jayawijaya. Jika sudah berada di Kabupaten Jayawijaya tak susah untuk menuju lokasi ke Unnamed Road, Holima, Wamena, Jayawijaya, Papua ini.