Hutan Monyet Pusuk | Destinasi Wisata Alam Pulau Lombok

hutan monyet pusuk

Hutan monyet pusuk merupakan salah satu destinasi wisata alam di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang menyajikan suasana alam. Sesuai dengan nama tempatnya, di tempat ini anda akan menemukan ratusan ekor monyet jenis ekor panjang.

Tempat wisata hutan monyet pusuk ini terdapat di kawasan taman nasional hutan lindung Gunung Rinjani sehingga monyet-monyet tersebut juga dilestarikan. Jika anda merupakan hiker yang akan mendaki gunung Rinjani, anda akan menemukan banyak monyet dalam perjalanan.

Mereka selalui setia menanti untuk diberi makan pengunjung maupun peengendara yang sedang melewatinya. Jika anda yang ingin memberi makan monyet ini sebaiknya anda berhenti sejenak dan memanfaatkan kesejukan dari hutan ini.

Namun, yang perlu anda ketahui jangan sampai anda mengganggu ketenangan segerombolan monyet di Hutan Monyet Pusuk, karena jika mereka merasa terganggu dan tidak nyaman mereka justru akan menyerang dan melukai anda.

Harga Tiket Hutan Monyet Pusuk

Tiket masuk tempat wisata ini pun sangat murah, yaitu Rp. 2.000 per orang. Jika anda merupakan wisatawan yang takut tersesat jika datang sendirian. Maka anda dapat menyewa jasa guide untuk menemani anda dan berfoto di tempat wisata Hutan Monyet Pusuk di Lombok.

Monyet disini memang sangat akrab dengan manusia, sambil beristirahan sekalipun, anda akan ditemani monyet yang meloncat-loncat dan berlari-lari disekitar. Sangat menggemaskan bukan melihat penghuni hutan berekor panjang ini?

Para penjual kuliner pun tentunya juga sudah akrab dengan kehadiran money, mereka tidak merasa terganggu dan tidak berminat untuk mengusir monyet ini. Inilah yang disebut kearifan budaya local karena adanya kerukuran antara dua makhluk yang berbeda ini.

Sebenarnya, kesempurnaan hubungan antara monyet dan manusia ini menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi kita. Mengapa demikian? Karena makhluk apapun yang ada disekitar kita wajib kita jaga dan rawat.

Terdapat pula makanan dan minuman khas Lombok yang harus anda cicipi, seperti tuak manis yang menjadi minuman tradisional khas Lombok. Suasanan pegunungan yang indah, udara yang sejuk, ditemani ratusan monyet ekor panjang sangat pas bila sambil mencicipi tuak manis.