Danau Paniai – Nuansa Alam yang Menyejukkan

danau paniai

Alam Papua tak henti-hentinya menyajikan pesonanya. Hampir setiap kabupaten di papua memiliki komoditinya tersendiri. Tak hanya potensi alam berupa tambang emas, hasil hutan, wisata alam dan budaya pun kini sedang marak digalakkan di Papua. Papua ternyata memiliki sebuah danau yang super indah. Bahkan danau ini dinyatakan oleh 157 Negara-negara pemilik danau di dunia pada Konferensi Danau se-Dunia di India pada 30 November 2007.

Lokasi

Lokasi Danau Paniai berada di Kabupaten Paniai yang berada pada posisi pengunungan tengah di pedalaman Propinsi Papua.

Danau ini terletak pada ketinggian 7.500 meter di atas permukaan laut. Luasnya sekitar 14.500 Ha. Dulu danau ini dikenal dengan nama Wissel Meeren. Nama orang yang pertama kali menemukan danau cantik ini pada tahun 1938, yaitu seorang pilot berkebangsaan Belanda.

Danau ini menyajikan panorama alam yang benar-benar memukau. Bagaimana tidak, alamnya yang hijau, air danau yang biru, ditambah dengan keramahan warga lokal, membuat siapa saja yang berkunjung kesana akan betah berlama-lama. Menariknya lagi, di sekitar danau tersimpan Nilai-nilai seni budaya masyarakat setempat yaitu seni budaya Suku Mee dan Suku Moni. Mungkin hal ini pula yang membuatnya terkesan unik di mata pelancong dunia.

Danau Paniai juga menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang. Ikan nila, ikan mujair, ikan mas/ikan karper, ikan sembilan hitam, dan ikan belut. Ada pula ikan pelangi merupakan biota Danau Paniai yang sering dicari oleh para nelayan dan para pecinta ikan hias karena bernilai ekonomi tinggi. Jika anda beruntung, anda bisa melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii).

Selain menikmati indahya panorama alam Danau Paniai, anda juga bisa memancing atau menyewa perahu kepada penduduk sekitar untuk mengelilingi danau. Saat mentari meredup anda akan menyaksikan keindahan alam danau dengan nuansa jingga temaram yang begitu damai.

Transportasi dan Rute

Untuk mencapai lokasi danau, anda dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau Paniai. Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus. Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Akomodasi

Di kawasan Danau Paniai tersedia berbagai fasilitas, seperti pos jaga, pemandu wisata, dan pondok wisata. Persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung kecil juga tersedia di sini. Jika anda ingin menginap, dapat menyewa rumah-rumah penduduk yang terdapat di sekitar danau eksotis ini atau berkemah di berbagai lokasi di kawasan tersebut.