Bukit Jamur Ciwidey – Tempat Wisata di Bandung

bukit jamur ciwidey

Jika berbicara seputar Tempat Wisata di Jawa Barat, khususnya Tempat Wisata yang ada di Kota Bandung dan sekitarnya, maka semua orang sudah tahu bahwa Tempat Wisata Alam di Bandung adalah merupakan salah satu daya tarik wisatanya.

Dan bicara Tempat Wisata Yang Menarik di Bandung dan sekitarnya yang manakah yang saat ini menjadi lokasi buruan wisatawan untuk menikmati keindahan alam dengan hawa sejuknya, maka sejumlah Tempat Wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung adalah surga destinasinya.

Sebut saja misalnya beberapa Tempat Wisata Alam di Bandung Selatan yang sangat terkenal, khususnya kawasan Wisata Ciwidey seperti ada Kawah Putih, Cimanggu Ciwidey, Punceling Pass, Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Cimanggu & Ciwalini, Perkebunan Teh Bandung Rancabali, Ranca Upas dll.

Nah, jika anda sedang merencanakan rekreasi ke tempat-tempat wisata di ciwidey bandung selatan di atas, baik dengan cara Bacpackeran ke Bandung atau berwisata bersama dengan keluarga dan teman sekolah serta kantor dengan mengikuti Paket Wisata Bandung, jangan lupa singgah di Bukit Jamur Ciwidey.

Lalu dimanakah lokasi Bukit Jamur itu sendiri ? nah Kalian, Bukit Jamur secara administratif adalah sebuah lokasi wisata yang beralamat di desa Rancabolang, kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat Indonesia.

Apa yang Membuat Bukit Jamur Ciwidey Bandung Begitu Menarik?

Kalian, Bukit Jamur Ciwidey di Bandung Selatan ini sebenarnya adalah bukan merupakan sebuah tempat wisata yang berupa perbukitan yang dipenuhi jamur yang berada di dataran tinggi.

Perlu anda pahami dari awal, Bukit Jamur di Rancabolang Ciwidey ini bisa dikatakan merupakan sebuah lokasi Taman di Bandung yang unik, dan banyak ditumbuhi pohon cemara dengan ukuran yang tidak biasa, yaitu pendek atau kerdil yang menyerupai jamur payung.

Tempat Wisata di Bandung yang Unik ini, jujur menurut hemat kang dian, menambah daftar tempat wisata unik yang baru di Bandung yang sudah saya review sebelumnya, seperti rumah terbalik Upside Down World Bandung dan wisata ala negeri belanda di Kampung Tulip, Rabbit Town, Orchid Forest dll.

Jika ditanya kenapa dikatakan sebagai Bukit Jamur, bisa jadi kang dian menilai karena kawasan taman yang dipenuhi pohon cemara unik ini berada di dataran tinggi Ciwidey yang bentuk arealnya tidak datar berbentuk setengah lingkaran.

Nah karena alasan yang sangat logis itulah kemudian , warga sekitar dan juga pengunjung yang pernah datang ke sini menyebutnya dengan nama populer Bukit Jamur Ciwidey.

Kalian, selain menawarkan daya tarik taman dengan bentuk pohon cemara yang unik, bukit Jamur Rancabolang Ciwidey juga bisa dikatakan karena ke khas-annya tersebut menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi atau spot di Ciwidey yang Instagramable.

Dengan bentuk pohon cemaranya yang unik, arealnya merupakan kawasan hijau yang masih sangat alami dengan pemandangan yang juga indah dan berhawa sejuk, maka lokasi taman Bukit Jamur Ciwidey ini menjadi lokasi favorit wisatawan untuk foto selfie dan juga lokasi untuk foto Prewedding.

Kalian, tidak hanya menawarkan daya tarik wisata alam yang indah khas ciwidey, di kawasan ini juga bagi anda yang suka mengunjungi Tempat Wisata Bersejarah di Bandung, berdiri bangunan pabrik teh peninggalan zaman kolonialisme belanda.

Di kawasan pabrik teh yang kini berada di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara VIII ini juga berdiri masih kokoh bangunan-bangunan tua berupa rumah dengan ciri belanda yang klasik, dengan cerobong asap penghangat ruangannya.

Bagaimana Kalian, sangat menarik bukan tempat yang populer dengan nama Bukit Jamur Ciwidey ini? yang pasti bagi anda yang tidak sedang liburan mengunjungi Tempat Wisata di Lembang, namun di Ciwidey, wajib anda singgah ke taman unik ini.

Fasilitas Wisata Bukit Jamur Ciwidey Bandung

Kalian, seperti yang saya singgung di atas di awal, saya sudah menjelaskan bahwa tempat ini bukan secara khusus merupakan sebuah kawasan tempat wisata di ciwidey pada umumnya yang sudah anda kenal dan ketahui.

Taman Pohon Cemara Unik berbentuk Jamur Payung ini merupakan sebuah taman yang dibuat menyerupai sebuah bukit kecil, yang lokasinya di jalan desa Rancabolang, dan sudah tersedia beberapa fasilitas wisatanya,

mulai dari areal parkir yang luas, kemudian didekatnya ada warung – warung penjual makanan, mushola dan toilet serta gazebo dan anjungan tempat berfoto.

Di sini juga tersedia tempat duduk berupa kayu gelondongan dan yang biasa yang bisa anda jadikan tempat untuk bersantai.

selain tentunya bisa rebahan badan di rumput hijau yang tebalnya di bawah pohon cemara kerdilnya, jika anda sudah menempuh rute jalan yang cukup jauh dari titik awal anda menuju ke sini atau aktifitas foto selfi dan prewedding.

Harga Tiket Bukit Jamur Ciwidey

Kalian, untuk bisa menikmati eksotisme tempat yang hijau, berhawa sejuk dan sanat nyaman ditinggali ini, setiap pengunjung akan dikenkan biaya atau harga tiket masuk Rp 5.000/orang dan parkir motor Rp 2.000.

Alamat Bukit Jamur Ciwidey

Bukit Jamur saat ini tercatat secara wilayah administratif beralamat di jalan desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung , Jawa Barat Indonesia.

Jam Operasional Bukit Jamur Ciwidey

Jam operasional Bukit Jamur di Rancabolang Ciwidey ini adalah setiap hari, dari senin hingga minggu, dan 24 jam alias tidak ada batasan waktu.

So bagi anda yang semisal sedang menginap di Patuha Resort Ciwidey, mau berkunjung malam atau tengah malam pun bisa anda lakukan.

Tempat Wisata Sekitar Bukit Jamur Ciwidey

Kalian, rekomendasi saya jika anda mau menikmati keunikan tempat yang bernama Bukit Jamur Ciwidey ini adalah,

anda bisa melakukan dulu berwisata di tempat-tempat wisata utama di ciwidey terlebih dahulu.

Jika anda belum tahu, Ciwidey memliki banyak tempat atau kawasan wisata yang sangat populer lainnya selain yang disebutkan di atas seperti ;

Barusen Hills, Taman Kelinci, EmTe Highland Resort, Legok Kondang Lodge, Glamping Lakeside Rancabali , Green Hill Park, dekat Situ Patenggang.

Penginapan Sekitar Bukit Jamur Ciwidey

Begitu banyaknya lokasi wisata yang bisa anda nikmati, rekomendasi saya juga ada baiknya anda memilih Tempat Penginapan di Ciwidey yang terkenal sangat terjangkau alias murah harga sewa kamar hotel, villa, bungalow dan yang lainnya.

Rekomendasi saya, anda bisa bermalam di Kampung Pago Resort & Hotel, Saung Gawir Resto & Bungalow, Sindang Reret Ciwidey, D’Riam Riverside Resort atau tempat penginapan murah lainnya.