Bugis Waterpark Adventure | Wahana Bermain Air Sulawesi Selatan

Bugis Waterpark Adventure

Bugis Waterpark Adventure merupakan salah satu destinasi wisata favorit berupa tempat permainan air terbesar di Indonesia bagian timur. Bugis Waterpark Adventure terletak di kompleks perumahan Bukit Baruga Antang tepatnya di jalan Sektor Mahamero No. 1, Kecamatan Manggala, Makassar, Sulawesi Selatan.

Bugis Waterpark Adventure sudah mulai beroperasi sejak Oktober 2011 dengan konsep wahana bermain air. Setiap wahana yagn disediakan diberi nama dengan menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Inggris dan unsur lokal dalam bahasa Bugis untuk mendekatkannya dengan budaya setempat. Wahana permainan berbasis air yang dibangun di atas lahan seluas 4 hektare ini selalu diserbu pengunjung ketika libur panjang tiba.

Konsep wisata bahari modern ini menjadi sarana pengenalan budaya kepada pengunjung. Upaya tersebut sebagai bentuk pelestarian terhadap sejarah kemaritiman Makassar ditengah modernisme masyarakat. Selain itu, juga menjadi edukasi alternatif masyarakat luar Sulawesi Selatan terhadap sejarah Makassar.

Banyak Pilihan Wahana

Bugis Waterpark menyediakan 10 wahana air beragam yang dibagi menjadi tiga zona. Sensasi pertualangan wisata air modern akan sangat terasa disini. Tunggu apa lagi? Luangkan waktu kamu untuk jelajah wahana di Bugis Waterpark.

Ketiga zona itu adalah zona Alabuang (pelabuhan), zona Goa Batu Kalibampa (gua kupu-kupu), dan zona Kampong Rilau (kampung nelayan). Zona-zona itu memiliki ciri sesuai namanya. Pasti waktu akan terasa berlalu begitu cepat saat mengelilingi dan mencoba satu-persatu wahana disetiap zona.

Selanjutnya wahana-wahana disetiap zona adalah; Pipa Wae (Aquatube), Tappasorong (Multi Slide), Matenre (Free Fall), Malippuno (Rafting Slide), Mattulili (Body slide), Mapettang (Blackhole), Kollang Pesse (Whirl Pool), kollang To’loppo (Main Pool), Kollang Ana’ana (Kids Pool), dan Wae Massolo (lazy river).

Dari berbagai wahana tersebut, tempat permandian paling digemari. Kolam pemandian dengan air biru mendayu-dayu membuat pengunjung sejenak melupakan kepenatan duina. Kemudian kolam paling digemari itu matenre dan mapettang, karena kolam ini dianggap sangat extrim dan menentang adrenalin.

Wae Massolo wajib kamu coba jika ingin bersantai. Hanya perlu berbaring di atas pelampung ban, arus sungai akan membawamu mengelilingi kompleks Bugis Waterpark. Merasa lelah? tinggal berendam di Kollang Pesse untuk refleksi air hangat. Ada pula Kolam Ombak untuk merasakan sensasi berenang di tepi laut.

Ini nih informasi penting, Pipa Wae adalah wahana luncuran lorong terpanjang di Indonesia. Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur dari ketinggian 150 meter disebuah lorong tertutup dan berliku dengan kecepatan 80 Km/Jam. Berteriaklah keras-keras agar adrenalin semakin terpacu.

Banyak Pilihan Makanan

Bukan hanya wahana, tetapi kuliner untuk memanjakan perut ketika lapar ada banyak pilihan. Beli saja bakso empek-empek serta ubi goreng yang ada di dalam area, dijamin mampu mengobati rasa kelaparan pengunjung.

Masih banyak fasilitas lain didalam area waterpark ini, diantaranya Masigi (Mosque), Onrong Makkutana (Information Center), Ole-ole (Merchandise), Onrong Manre (Food Court), Onrong Mapparessa (First Aid) Mappoto-poto (photo moment), Lego-lego (gazebo), serta loker untuk menyimpan barang-barangmu.

Fasilitas Lain

Perlu diketahui pula bahwasannya terdapat beberapa fasilitas dikenakan biaya sewa, seperti perlengkapan renang seharga Rp. 25.000 dan Gazebo dari harga berkisar Rp. 150.000 s.d Rp. 1.200.000. Jadi tinggal pilih mana yang kamu mau.

Masih ada satu keunggulan dari taman air ini, keamanan dan keselamatan pengunjung begitu diutamakan. Setiap wahana dijaga oleh empat lifeguard, CCTV juga ada, petugas maintenance juga selalu siaga, bahkan ada asuransi kesehatan. Info ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi tetap jaga keselamatan kamu ya!

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk (HTM) dibagi menjadi tiga, yaitu hari Senin-Jumat seharga Rp. 150.000, hari Sabtu seharga Rp. 180.000, serta hari Minggu atau hari libur seharga Rp. 200.000. Sebanding bukan dengan wahana dan fasilitas yang ada?

Jam Operasional

Pertanyaan selanjutnya pasti ‘buka jam berapa waterpark ini?’ Bugis Waterpark dibuka mulai jam 9 pagi sampai 6 sore. Bagi kamu dari luar Sulawesi jangan lupa jam operasional tersebut mengikuti waktu Makassar. Jadi sesuaikan dulu jam dan jadwal liburanmu agar tidak salah waktu.