Benteng Amsterdam | Objek Wisata Bersejarah Di Ambon

benteng amsterdam

Benteng Amsterdam Ambon adalah salah satu benteng tertua peninggalan Bangsa Portugis yang di bangun di Kota Ambon ketika sedang menjajah di Indonesia. Benteng Amsterdam merupakan merupakan sebuah benteng yang paling tua di di Ambon, Maluku. Benteng ini dibangun oleh bangsa Portugis sewaktu menjajah di Indonesia.

Tapi benteng tersebut diambil alih oleh Bangsa Belanda yang pada saat itu juga sedang menjajah Indonesia. Dan bangunan benteng ini sudah memilki umur ratusan tahun yang masih kokoh sampai sekarang dan telah menjadi saksi buta kejayaan VOC di Kota Ambon.

Mengenal Benteng Amsterdam Ambon

Benteng Amsterdam ini memilki bentuk yang unik yaitu menyerupai sebuah bangunan rumah. Bangsa Belanda mengenal bangunan ini dengan sebutan “Blok Huis”. Dan dalam benteng ini mempunyai 3 lantai, di lantai 1 terbuat dari batu merah dan di gunakan sebagai tempat istirahat bagi para serdadu, di lantai 2 terbuat dari kayu, besi dan digunakan sebagai tempat rapat bagi pejabat tinggi pada masa itu, dan lantai 3 sama dengan lantai 2 yaitu terbuat dari kayu, besi dan dugunakan sebagai tempat/pos pemantau.

Pada tahun 1900 Bangsa Belanda telah meninggalkan benteng ini, dan semenjak saat itu benteng ini pun tidak terawat sampai – sampai membuat banyak bangunan yang mengalami kerusakan, bahkan pernah ada sebuah pohon beringin besar yang tumbuh. Pada tahun 1991 pemerintah Bengkulu melakukan renovasi dengan alasan benteng ini adalah bangunan bersejarah, renovasi yang dilakukan memakan waktu 3 tahun yaitu pada tahun 1991 – 1994.

Walaupun telah dilakukan renovasi tapi bangunan ini masih memiliki karakteristik aslinya, karena bagian yang paling dominan direnovasi hanya bagian atap, dan pada bagian lantai dan tembok hanya sedikit memiliki perubahan dan masih menyimpan karakteristik aslinya. Benteng Amsterdam ini memiliki sebuah menara pemantau yang sangat tinggi. Menara ini dugunakan oleh Bangsa Belanda untunk mengintai para musuhnya. Jika ada yang ingin menyerang Benteng ini cepat di ketahui oleh Bangsa Belanda dari atas sebuah menara.

Sejarah Pembangunan Benteng Amsterdam Ambon

Benteng Amsterdam ini dibangun pada masa penjajahan, yaitu sejak Bangsa Portugis datang ke Kota Ambon. Bangsa Portugis membangun pertama kali Benteng Amsterdam ini pada tahun 1512. Benteng ini di bangun pada masa kepemimpinan Fransisco Serrao. Pada masa penjajahan Bangsa Portugis bagunan ini hanya digunakan sebagai tempat untuk melakukan loji perdagangan.

Pada tahun 1905 bangunan ini di ambil alih oleh penjajahan belanda, dan pada masa penjajahan Bangsa Belanda bangunan ini di ubah yang awalnya hanya digunakan sebgai tempat loji perdagangan kemudian diubah oleh Bangsa Belanda menjadi tempat pertahanan. Dan dari pada saat itu kolonial Belanda memperluas kekuasaannya di seluruh Maluku.

Lokasi Benteng Amsterdam Ambon

Bentang Amsterdam ini berada di Provinsi Maluku lebih tepatnya di Kota Ambon, Kec. Hila. Dan benteng ini berada di tepi pantai sehingga pemandangan yang disajikan sangat menawan. Dari pusat Kota Ambon menuju Benteng Amsterdam hanya memilki jarak sekitar 42 km dan hanya memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam.